Senin, 15 Februari 2010

KENANGAN DI KAMPUNGKU

Sebagai anak kampung, saya sudah terbiasa dengan kehidupan di kampung yang penuh canda tawa bersama teman-teman. Ada teman yang baik ada juga teman yang suka jailin aku.
Teman-ku yang baik di antaranya Agus. Agus adalah anak pertama dari Bpk Kyai Jalal salah seorang imam masjid di kampungku yang di segani dan di hormati. Agus anaknya cerdas, pinter ,jujur dan juga rajin beribadah. Saya salut padanya, meskipun penglihatannya agak terganggu tapi dia ga patah semangat. Dia yang selalu menasehati aku dan memberi pengetahuan agama kepadaku. oh ya Bapaknya agus yaitu Bpk Jalal orangnya sangat tegas, kalau sehabis maghrib dan subuh saya selalu di ajar membaca Al-Qur'an sehingga saya sekarang bisa membaca dan menulis arab dengan baik dan benar. Karena Dia juga ketika saya kelas empat SD saya sudah katam Juz' Amma dan Al-qur'an.
Kehidupan kampung sangat sulit aku lupakan sampai sekarangpun saya masih teringat masa kecil dulu, meskipun saya sudah bertahun-tahun ga pulang ke kampung ,karena saya sekarang sudah bekerja di jakarta sebagai operator internet.Saya hanya bisa berandai-andai kalau suatu saat nanti saya bisa tinggal dan menetap di kampung.
Kalau ingat masa kecil dulu saya kadang tertawa dan tersenyum sendiri, bukan apa-apa ,itu karena ada sebabnya. mau tau ga?
Begini ceritanya ...
Setiap saya pulang sekolah saya setiap hari ikut orang menggembalakan kerbau bersama teman-temanku. Meskipun saya di larang oleh nenek, saya tidak mendengarkannya bahkan kadang sampai di kejar-kejar dan di plintir kupngku tapi saya tetap ikut menggebalakan kerbau meskipun tanpa di bayar. Dasar anak kampung melihat teman-temannya naik kerbau saya jadi kepengen juga . Ketika di sawah yang sudah ga da padinya , saya naik kerbau sendirian, ehh sama temanku kerbau yang di naikin aku di sodok pake kayu pantatnya, mungkin karena kerbaunya kaget dan geli langsung saja kerbaunya lari. Saya yang waktu itu di atas kerbau juga kaget bercampur takut karena terpontang panting ., tanpa berpikir panjang saya melompat dari punggung kerbau , sayangnya lompatanku pas di tempat yang keras yah jadinya tangan dan kakiku keseleo/ terkilir, sakit banget waktu itu tapi saya malu kalau sampai menangis jadinya saya hanya bisa meringis kesakitan .anak yang jail tuh namanya si Abi ama si Supri.
Ada temen satu lagi nih yang sangat akrab dan seperti saudaraku sendiri. Tidur maupun maen selalu berdua. namanya tarjuki tapi saya sering memanggilnya juki. Dia anaknya kocak banget sehingga banyak cewe yang naksir padanya, aku sendiri kadang ngiri juga kalau dia di kerumuni banyak cewe... pertama kenal ma dia saya mah biasa saja. Akrabnya sejak dia mempunyai pacar anak pedawang wetan sebut saja namanya nunungs. si nunungs punya ade yang namanya aku samarkan menjadi nunik. si nunik itu anaknya cantik , pinter, ceria, supel pokoknya gaul banget dach.. aku aja kadang minder sendiri kalau dekat ma dia. Sejak pandangan pertama saya jatuh hati padanya. Mungkin karena saya belum pernah pacaran sebelumnya saya agak ragu n malu mengungkapkan rasa yang ada di hatiku. Rasanya jadi serba salah, mau ini mau itu jadinya agak gimana gitu..kayaknya semua orang merasakan hal yang sama ya seperti yang aku alami, hihiihihi
Sejak pertemuanku dengan si nunik saya merasa ada magnet yang mendorongku tuk maen kerumahnya . Sebenarnya saya sangat malu bila harus bertemu orang tuanya, soalnya kan baru mengenalnya dan belon lama menjadi pacarnya..Tapi ga tau kenapa saya maen juga ke rumahnya, untungnya orang tuanya baek banget ma aku , sehingga aku lama-lama jadi ga canggung lagi kalau maen kerumahnya. Sejak pertemuanku dengan nunik sebenarnya saya pengen mengajaknya jalan-jalan berdua tapi karena ada temenku dan kakaknya, saya jadi merasa ga enak kalau harus pergi berdua saja.
Tapi sungguh sayang seribu sayang hubunganku ga bertahan lama. saya di kasih tau sama temenku yang satu kelas sama si nunik, katanya si nunik punya cowok satu sekolah. hancur rasanya perasaanku .. sebenarnya saya pengen memarahinya tapi saya ga bisa , karena dia seorang cewe. Aku paling ga bisa kalau marahin cewe. Pada suatu hari saya sengaja main kesekolahnya si nunik karena saya masih belom percaya. Aku ga menyangka di sekolahan aku bener-bener di cuekin sama si nunik, dia ga mau nemuin aku, ga tau kenapa,mungkin bener perkataan temenku kalau si nunik sudah punya cowo baru. Lama-lama saya ga bisa sabar juga menerima perlakuan darinya..ga lama kemudian si nunik pulang sekolah ,aku sama temenku mengikuti si nunik , pas di tengah jalan yang sepi saya langsung berkata sama dia kalau hubungan kita sampai di sini saja.. sejak itu saya sudah ga percaya lagi sama yang namanya cinta. sampai sekarangpun saya belom bisa menerima kehadiran cewe di hatiku.
Setelah bertahun tahun saya mendengar kalau si nunik menikah dengan orang pekajangan bukan sama pacar yang satu kekolah dulu..
Sampai saya menulis di sini saya ga tau kabarnya lagi, mungkin sekarang dia sudah bahagia sama suaminya dan anak-anaknya, saya hanya bisa mengucapkan selamat dan semoga hubungan kalian langgeng dan mendapatkan keturunan yang sholih dan taat kepada orang tuanya. amin...

Saya kira cukup sekian dulu ,kapan-kapan insya Allah saya akan sambung cerita tentang diriku .
thank sebelumnya bagi yang sudi membaca tulisanku ini...

Wassalamu'alaikum wr wb...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar